Kamis, 25 Januari 2024

TEKS BERITA

A. TEKS BERITA 

1. Pengertian teks berita 

Teks yang berisi tentang segala kejadian atau peristiwa yang baru saja terjadi dan sedang hangat diperbincangkan oleh masyarakat. 

2. Unsur-unsur teks berita 

Unsur-unsur teks berita meliputi unsur apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana. 


3. Struktur teks berita


 4. Kaidah kebahasaan teks berita 

Terdapat beberapa jenis teks berita. Di kelas tujuh ini, pembahasan akan berfokus pada teks eksplanasi. Agar kalian dapat menyajikan teks berita eksplanasi sederhana pada akhir Bab IV ini, kalian perlu mengenali contoh struktur kalimat yang digunakan pada jenis teks ini. Fokus unsur kebahasaan pada bab ini melatih kalian untuk mengenali: 

a. kalimat tunggal. Kalimat tunggal adalah kalimat yang terdiri dari satu pola kalimat, yaitu terdiri dari satu subjek, satu predikat, dan bisa dilengkapi dengan objek dan keterangan. 

Contoh: Kakak berlari. Adik bermain. 

b. kalimat majemuk. Kalimat yang mempunyai dua pola kalimat atau lebih. Selain itu, kalimat ini juga memiliki penghubung yang bisa memperjelas kalimatnya. Jadi, kalimat majemuk yaitu kalimat yang mempunyai lebih dari satu subjek dan predikat. 

Contoh: Berita itu ditayangkan di televisi dan disiarkan di radio. 

c. konjungsi atau kata penghubung yang bermakna kronologis. Konjungsi yang bermakna kronologis dinyatakan dengan kata Sejak itu, Lalu, Sebelum, Setelah, Pada akhirnya, Mula-mula, Kemudian, Sementara Itu, Pertama, Kedua, dan Ketiga. 

d. konjungsi kausalitas. Konjungsi kausalitas adalah kata yang menghubungkan sebuah kata yang merepresentasikan sebab dan akibat dari suatu peristiwa. 

Contoh: karena, sebab, sehingga, oleh karena itu, oleh sebab itu, jika, akibatnya. 

e. kata ganti atau pronomina. Pronomina atau kata ganti adalah kata yang dipakai untuk mengganti orang atau benda, seperti aku, engkau, dia, mereka. 


B. MENYAJIKAN DATA DAN INFORMASI DALAM BENTUK BERITA

Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan mampu : 

1. menjelaskan pentingnya berita 

2. menjelaskan informasi yang ada di dalam secara lisan maupun tulisan dengan memperhatikan ketetapan struktur dan kaidah kebahasaannya 

Tujuan utama menulis berita adalah menyampaikan suatu informasi dengan akurat. Dengan begitu, pembaca dapat memahami informasi tersebut dengan baik. Namun, tentu tidak tiap informasi layak ditulis sebagai berita. Informasi yang ditulis haruslah bermanfaat bagi khalayak misalnya memberi motivasi untuk terus berprestasi. 

Langkah – langkah menulis berita dengan baik dan benar adalah sebagai berikut: 

1. Menentukan Inti Informasi 

Informasi yang layak diangkat menjadi berita harus memenuhi beberapa syarat berikut. 

  • Faktual, yaitu informasi harus bedarsarkan fakta, bukan gosip atau isu-isu yang belum jelas kebenarannya. 
  • Aktual, yaitu informasi bersifat baru dan hangat, bukan cerita lama yang sudah diketahui semua orang. 
  • Fungsional, yaitu bermanfaat bagi masyarakat secara umum. Bentuknya dapat memotivasi dan memberi pengetahuan tentang apa yang terjadi di sekitar. 

2. Menyusun Kerangka Berita 

Setelah menentukan informasi yang layak, langkah berikutnya adalah menyusun kerangka. Kerangka berita dapat disusun dengan menentukan adiksimba-nya (apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, bagaimana). Untuk itu, kita harus mengumpulkan informasi yang kita butuhkan sesuai rumus adiksimba. 

3. Mengembangkan Kerangka 

Jika kerangka suda dibuat, langkah berikutnya adalah mengembangkannya menjadi tulisan yang utuh. Ingatlah struktur berita yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya. Berita dimulai dari kepala berita, teras berita, tubuh berita, dan kaki berita. 

4. Menentukan Judul Berita Setelah mengembangkan kerangka menjadi tulisan berita yang utuh, langkah terakhir adalah menetukan judul berita. Judul adalah bagian yang sangat penting dari teks berita. Pembaca umumnya akan memutuskan bahwa ia akan membaca berita atau tidak berdasarkan judulnya. Untuk itu, judul yang baik harus memenuhi beberapa persyaratan berikut. 

  • akurat, jelas, dan ringkas 
  • mencerminkan isi berita 
  • menarik pembaca 
  • bermakna tunggal (tidak ambigu atau membingungkan) 

5. Membacakan Berita 

Selain menulis sebuah teks berita, kalian juga diharapakan mampu membacakan teks berita yang sudah ditulis. Dalam membacakan berita, kalian harus mampu mengomunikasikan (menyampaikan) teks yang dibaca kepada orang lain. Untuk itu, diperlukan lafal (pengucapan), intonasi (nada naik turun), jeda, vokal (kenyaringan suara), dan ekspresi (mimik wajah) yang jelas dan tepat. Tujuan akhir dari pembacaan berita adalah pendengar dapat mengerti informasi yang ingin kita sampaikan.


Contoh Teks Berita


1. Teks Berita tentang Mancanegara


PM Selandia Baru: Pasifik Jadi Kurang Aman karena Agresivitas China

Kepala Berita

Perdana Menteri (PM) Selandia Baru Chris Hipkins menyebut kawasan Pasifik menjadi lebih diperebutkan dan kurang aman setelah China menjadi semakin agresif di kawasan tersebut. Hipkins menyatakan negaranya perlu bekerja sama dengan mitra-mitra yang satu pemikiran sembari tetap terlibat dengan Beijing.

Seperti dilansir Reuters, Senin (17/7/2023), kebangkitan China dan bagaimana negara itu berupaya memberikan pengaruhnya, sebut Hipkins, telah menjadi pendorong utama meningkatnya persaingan strategis, khususnya di kawasan Indo-Pasifik.

Tubuh Berita

“Wilayah kami menjadi lebih diperebutkan, kurang bisa diprediksi dan kurang aman,” sebut Hipkins saat berpidato dalam China Business Summit di Auckland, pada Senin (17/7) waktu setempat.

“Dan itu menimbulkan tantangan bagi negara-negara kecil seperti Selandia Baru, yang bergantung pada stabilitas dan prediktabilitas aturan internasional untuk kemakmuran dan keamanan kita,” imbuhnya.

Hubungan itu, menurut Hipkins, membutuhkan pengelolaan yang penuh kehati-hatian namun demikian, China tetap menjadi mitra dagang utama bagi Selandia Baru.

Pidato Hipkins itu disampaikan dalam acara tahunan yang digelar kurang dari sebulan setelah dia memimpin misi perdagangan yang sukses ke China — mitra dagang terbesar Selandia Baru. Dalam misi itu, dia menghadapi beberapa kritikan dalam negeri karena dirinya tidak vokal soal hak asasi manusia (HAM) dan masalah-masalah lainnya seperti yang diharapkan beberapa pihak.

“Dalam lingkungan global yang semakin kompleks ini, hubungan kita dengan China akan terus memerlukan pengelolaan yang hati-hati,” ucapnya.

Selandia Baru secara historis mengambil pendekatan yang lebih damai terhadap China, daripada Australia atau mitra keamanan Five Eyes lainnya — yang juga terdiri atas Kanada, Amerika Serikat (AS) dan Inggris.

“Kepentingan dan perhatian yang sama tidak berarti kita akan selalu mengambil pendekatan yang sama. Terkadang ada kekuatan taktis dalam keragaman pendekatan untuk mencapai hasil yang sama,” cetus Hipkins dalam pidatonya.

Ekor Berita

Dalam pidato terpisah, Duta Besar China untuk Selandia Baru Wang Xiaolong menyebut hubungan Beijing dan Wellington tergolong sehat, stabil dan berkembang.

“Tidak mengherankan jika ada perbedaan antara kedua negara kita, mengingat perbedaan keadaan kita masing-masing. Namun tidak bisa dihindari, bahwa negara-negara kita dengan sistem sosial dan tingkat pembangunan yang berbeda tidak bisa hidup berdampingan secara damai,” sebutnya dalam forum yang sama.

(Sumber: https://news.detik.com/internasional/d-6827129/pm-selandia-baru-pasifik-jadi-kurang-aman-karena-agresivitas-china)


2. Teks Berita tentang Kriminalitas

Kasus Tinder Swindler Indonesia, Kerugian Korban Ditaksir Ratusan Juta

Kepala Berita

Ditreskrimsus Polda Metro Jaya tengah menyelidiki kasus penipuan lewat aplikasi kencan atau yang diidentikkan dengan film dokumenter berjudul The Tinder Swindler. Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak menyebut ada dua korban yang membuat laporan ke pihak berwajib. Ia juga membeberkan aksi penipuan itu terjadi pada tahun ini.

“Ini masih kita lakukan penyelidikan, di laporan itu ada dan saat ini kita lakukan serangkaian upaya penyelidikan oleh tim penyelidik Subdit Siber Polda Metro Jaya,” kata Ade di Polda Metro Jaya, Selasa (22/8).

Tubuh Berita

Ade menerangkan kasus penipuan ini bermula saat korban dan terduga pelaku berkenalan dalam sebuah aplikasi kencan. Dari perkenalan itu, keduanya intens berkomunikasi dan menjadi akrab.

Setelah itu, pelaku mulai melancarkan aksinya. Pelaku pun melakukan berbagai bujuk rayu hingga korban akhirnya terbuai.

“Pada akhirnya korban tertarik dengan iming-iming maupun rayuan, kemudian menyerahkan sejumlah uang kepada pelaku,” ucap Ade.

“Iming-iming, rayuan, mengelabui korban untuk serahkan sejumlah uang yang merupakan janji dari pelaku ini membuat bisnis baru dan sebagainya,” sambungnya.

Ade menyebut aksi penipuan ini sebenarnya mirip dengan kasus-kasus pada umumnya. Hanya saja yang membedakan adalah cara pelaku berkenalan dengan korban.

“Ini murni penipuan sebenarnya, sedangkan modus yang digunakan untuk masuk bisa bermacam hal ya, salah satunya tadi itu untuk mengenal korban lebih dalam, kemudian melakukan aksi rayu iming-iming dan sebagainya, kemudian barulah dilakukan aksi penipuan yang dimaksud,” tutur Ade.

Ekor Berita

Ade belum menjelaskan secara rinci soal aksi tipu daya pelaku dalam kasus tinder swindler ini. Ia hanya mengungkapkan kerugian yang diderita korban mencapai ratusan juta.

“Mungkin (kerugian) masih ratusan juta ya,” ucap dia.

Lebih lanjut, Ade mengatakan proses penyelidikan masih terus dilakukan. Termasuk, mencari unsur pidana dalam laporan ini.

“Apabila nanti ditemukan peristiwa pidana, kita akan lakukan gelar perkara untuk menaikkan status dari lidik menjadi sidik, sekaligus penetapan tersangkanya,” pungkas Ade.

(Sumber:https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230822171544-12-989145/kasus-tinder-swindler-indonesia-kerugian-korban-ditaksir-ratusan-juta.)



3. Teks Berita tentang Teknologi


300 Juta Data Dukcapil Diduga Bocor, Kominfo Lakukan Prosedur Standar

Kepala Berita

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyebut pihaknya akan melakukan prosedur standar untuk menelusuri dugaan kebocoran data Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil).

“Kita biasanya akan memanggil atau berkoordinasi dengan yang namanya pengendali data, dalam hal ini kalau Dukcapil itu kan adanya di Kemendagri, nanti kita akan koordinasi termasuk juga dengan BSSN,” ujar Usman Kansong , Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kominfo di Kantor Kominfo, Jakarta, Senin (17/7).

Tubuh Berita

“Ya itu standar,” imbuhnya.

Usman menyebut pihaknya akan mendengarkan laporan dari Disdukcapil. Kemudian, BSSN biasanya akan melakukan audit untuk “mencari tau data yang mana yang bocor, berapa banyak, baru kemudian dilaporkan ke Kominfo kita akan lihat kalo ada pengendalian data yang tidak baik maka sudah diatur dalam PP 71 tahun 2019 sanksi apa yg bisa kita jatuhkan kepada pengendali data.”

Sebelumnya, sebanyak 337 juta data masyarakat di Direktorat Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) diduga mengalami kebocoran dan dijual di forum online hacker BreachForums.

Kebocoran itu diungkap Teguh Aprianto, pendiri Ethical Hacker Indonesia, di media sosial pada Minggu (16/7). Teguh menjelaskan data yang dipastikan bocor adalah nama, Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor Kartu Keluarga (KK), tanggal lahir, alamat, nama ayah, nama ibu, NIK ibu, nomor akta lahir, nomor akta nikah dan lainnya.

“Kali ini yang bocor adalah data kita semua di Dukcapil sebanyak 337 juta data,” tulis Teguh.

Direktur Jenderal (Dirjen) Dukcapil Kemendagri Teguh Setyabudi sudah merespons dugaan kebocoran data yang menimpa pihaknya. Menurutnya, data yang disebar di BreachForums tersebut tidak sama dengan data yang ada di database Ditjen Dukcapil.

“Yang bisa kami informasikan adalah bahwa data yang ada di Breachforums dilihat dari format elemen datanya tidak sama dengan yang terdapat di database kependudukan yang ada di Direktorat Jenderal (Ditjen) Dukcapil saat ini,” kata Teguh kepada wartawan di Jakarta, Senin (17/7).

Ekor Berita

Saat ini, lanjut Teguh, pihaknya bersama para pemangku kepentingan terkait, seperti Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) serta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melaksanakan dua agenda, yakni audit investigasi dan mitigasi preventif.

 (Sumber: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20230717173708-192-974565/300-juta-data-dukcapil-diduga-bocor-kominfo-lakukan-prosedur-standar)



ASESMEN 1

Kerjakan secara berkelompok

Petunjuk:

Gambar 1:


Gambar 2:




Gambar 3:

Gambar 4:



Setelah mempelajari materi menyusun kerangka berita, sekarang saatnya kalian menyusun kerangka berita. Ikutilah langkah-langkah berikut. 

A. Tentukan topik sesuai dengan gambar! 

B. Susunlah pertanyaan sesuai dengan unsur-unsur berita yang meliputi: 

  1. Apa peristiwa yang terjadi? 
  2. Di mana peristiwa tersebut terjadi? 
  3. Kapan peristiwa tersebut terjadi? 
  4. Siapa yang terlibat dalam peristiwa tersebut? 
  5. Mengapa peristiwa tersebut terjadi? 
  6. Bagaimana peristiwa tersebut terjadi? 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HIDROPONIK

 Pengertian Hidroponik Serta Kelebihan dan Kekurangan Pengertian Hidroponik Hidroponik adalah sistem pertanian modern atau budidaya tanaman ...